One Direction adalah boyband asal InggrisIrlandia yang beranggotakan Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson. Mereka dikontrak oleh Syco Records, label rekaman milik Simon Cowell setelah menjadi juara ketiga dalam ajang pencarian bakat asal Inggris, The X Factor musim ke-7.Setelah sukses di Inggris, One Direction di kontrak oleh label rekaman Amerika Utara, Columbia Records pada tahun 2011.

Pada bulan November 2011, One Direction merilis album pertama mereka yang berjudul Up All Night. Album itu dinobatkan sebagai album dengan penjualan tercepat pada tahun 2011 di Inggris. Pada tahun yang sama, di Amerika Serikat album mereka sukses bertengger di posisi puncak Billboard 200. Kesuksesan ini menjadikan One Direction sebagai satu-satunya boyband asal Inggris yang album pertamanya berhasil meraih posisi puncak di tangga lagu di luar Inggris. Up All Night menguasai sepuluh besar UK Singles Chart dengan singel perdana “What Makes You Beautiful“, yang selanjutnya diikuti oleh “Gotta Be You” dan “One Thing“. Lewat singel “What Makes You Beautiful”, One Direction berhasil memenangkan Best British Single di ajang BRIT Awards tahun 2012.

Di Amerika Serikat, One Direction sukses menempatkan singel “What Makes You Beautiful” di posisi 28 pada tangga lagu Billboard Hot 100 di pekan pertamanya. Ini adalah pencapaian tertinggi bagi musisi asal Inggris sepanjang 15 tahun terakhir. Sebelumnya, Spice Girls sukses menempatkan singel debutnya, “Wannabe“, di posisi ke 11 pada bulan Januari 1997. One Direction juga sukses menjual singel tersebut secara digital dengan total unduhan sebanyak 2,060,303. Angka tersebut sekaligus menempatkan mereka di posisi 12 pada tangga lagu Digital Songs di Billboard 200. Album kedua mereka direncanakan akan dirilis pada bulan November 2012. Sementara itu, tur dunia One Direction dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 2013. Tur ini akan dimulai dari kota-kota di Inggris dan Irlandia kemudian dilanjutkan ke negara-negara di Amerika Utara dan Australasia.

Atas kesuksesannya ini, One Direction dikatakan sebagai pemicu kebangkitan kembali era boyband Eropa yang sebelumnya pernah berjaya pada tahun 1990-an. Selain itu, One Direction juga dilabeli sebagai gelombang baru “Invasi Britania” (British Invasion) yang melanda Amerika Serikat, mengikuti jejak The Beatles pada tahun 1960-an. Pada bulan Juni 2012, Nick Gatfield, CEO Sony Music Entertainment Inggris mengungkapkan bahwa berkat kesuksesannya, One Direction telah mengumpulkan kekayaan sebesar $ 50.000.000.

Perjalanan Karier

Tahun 2010, Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles, dan Louis Tomlinson mengikuti audisi The X Factor musim ke-7 sebagai penyanyi solo dalam kategori “Boys“, namun mereka semua gagal. Setelah mendapat saran dari juri tamu saat itu, Nicole Scherzinger, mereka berlima bergabung dan membentuk sebuah boyband. Boyband ini kemudian berhasil lolos untuk kategori “Groups“. Boyband yang baru terbentuk ini diberi waktu lima minggu untuk berlatih sekaligus saling mengenal satu sama lain sebelum kompetisi dimulai.Selanjutnya, mereka berlima sepakat untuk mengadakan latihan di sebuah vila milik ayah tiri Harry di Manchester. Mengenai situasi saat sesi latihan, Zayn mengatakan: “Kami berlima tidak tahu apa itu harmoni. Kami cuma bernyanyi secara serempak selama dua minggu…”. Sedangkan menurut Liam: “Kami tak punya ide. Hari-hari pertama cukup buruk. Kami berlima punya ide yang berbeda dan kami sama sekali tidak tahu bagaimana membentuk grup yang baik itu.”

Harry-lah yang punya ide untuk menamai grup mereka One Direction. Menurutnya, akan terdengar keren saat pembawa acara The X Factor, Petrus Dickson menyebutkan nama mereka saat siaran langsung di televisi. Kemudian, dalam babak kualifikasi sekaligus penampilan perdana mereka sebagai grup di ruang penjurian, mereka menyanyikan lagu “Torn” secara akustik.

Selama kompetisi berlangsung, One Direction membawakan lagu-lagu dari beberapa musisi terkenal dunia, diantaranya Pink, Coldplay, The Beatles, Elton John, Kelly Clarkson, Snow Patrol, Kim Wilde, Rihanna, dan sebagainya. Setelah peserta lainnya (F.Y.D., Diva Fever dan Belle Amie) berturut-turut tereliminasi, One Direction menjadi satu-satunya peserta pilihan Simon Cowell yang tersisa. Grup ini dengan cepat mendapatkan popularitas di Inggris.Pada akhir kompetisi, One Direction menempati posisi ketiga, dibelakang Rebecca Ferguson (juara dua) dan Matt Cardle (juara 1). Namun, setelah acara final selesai, lagu berjudul “Forever Young” yang rencananya akan dinyanyikan oleh One Direction jika mereka menjadi juara ternyata bocor di dunia maya. Menanggapi hal ini, mereka mengatakan kalau mereka akan belajar dari pengalaman tersebut. Sebagaimana yang diungkapkan Liam: “Biasanya, saat kau ditempatkan di sebuah grup, kau pasti punya waktu untuk berkembang dan membangun grup tersebut. Tapi kami harus melakukannya dalam kompetisi secara langsung di televisi, didepan 20 juta orang. Jika kami membuat kesalahan seperti itu di depan penonton, lebih baik kami keluar. Kami tak punya ruang untuk melakukan kesalahan-kesalahan semacam itu. Kami harus terus maju dengan sangat, sangat cepat.” Louis menambahkan: “Kami hancur saat tahu kami tidak menang. Lalu kami mulai berpikir, kami adalah grup terakhir dan termuda dalam kompetisi ini, dan satu bulan lalu kami bahkan tidak saling mengenal. Jika kau melihatnya seperti itu, kami sudah melakukannya dengan sangat baik. Banyak yang mengatakan kalau X Factor cuma cara pintas dan batu loncatan untuk mencapai ketenaran. Tapi kami memulainya dari ketidaktahuan dan sama sekali tidak punya pengalaman soal grup. Dan bagiku, dari awal sampai akhir acara ini, kami adalah grup yang berbeda. Kami berusaha keras, dan memperoleh banyak pengalaman.