Topik   Penelitian        : Pemberdayaan produktifitas ibu – ibu PKK

Perumusan Masalah    :  Apakah pelatihan usaha membuat makanan dapat meningkatkan produktifitas ibu-ibu PKK ?

Latar Belakang Identifikasi Masalah Pembatasan Masalah Perumusan Masalah Kegunaan Penelitian
(1) (2) (3) (4) (5)
Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan organisasi (wadah pemerintah yang digunakan untuk mewujudkan keluarga masyarakat yang sejahtera dan mandiri.PKK itu sendiri berada pada tingkatan pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan kelurahan dimana pada tingkatan kelurahan biasanya akan dipegang oleh kepengurusan RW/RT ataupun desa 
  1. Adanya perbedaan antara konsep PKK yang seharusnya dengan kenyataan yang ada pada PKK Desa Siwuluh
  1. Terlihat bahwa waktu luang ibu-ibu anggota PKK desa Siwuluh lebih banyak diisi dengan hal-hal yang bersifat membuang-buang waktu.

 

Karena adanya keterbatasan waktu, dana, tenaga, teori-teori, dan agar penelitian dapat dilakukan secara lebih mendalam, maka tidak semua masalah yang telah diidentifikasikan akan diteliti. Untuk itu maka peneliti memberi batasan, yaitu untuk meneliti bagaimana agar ibu-ibu anggota PKK Desa Siwuluh yang berstatus sebagai ibu rumah tangga dapat menggunakan waktu luangnya dengan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan memberdayakan. Apakah pelatihan usaha membuat makanan dapat meningkatkan produktifitas ibu-ibu PKK desa siwuluh?
  1. PKK Desa Siwuluh, Brebes. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan bahan masukan untuk dapat membuat memberdayakan ibu-ibu PKK Desa Siwuluh
  2. Warga Desa Siwuluh, Dapat menambah lapangan pekerjaan dan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan warganya.
  3. Pendidikan Luar Sekolah , Dapat menambah wawasan keilmuan tentang salah satu wadah kegiatan atau organisasi PLS yaitu PKK yang dapat memberdayakan warga di sekitarnya.
Landasan Teori Kerangka Konsep Hipotesis Penelitian
(6) (7) (8)
Pelatihan (training) adalah pembelajaran pengembangan individual yang bersifat mendesak karena adanya kebutuhan sekarang (Nadler, 1982).Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu.Definisi yang dikemukakan oleh UNDP, Empowerment (pemberdayaan/ penguatan) adalah sebuah proses yang memungkinkan kalangan individual ataupun kelompok merubah keseimbangan kekuasaan dalam segi sosial, ekonomi maupun politik pada sebuah masyarakat ataupun komunitas.

 

Dilihat dari kurangnya kegiatan Desa Siwuluh yang bersifat pemberdayaan, maka pelatihan membuat usaha makanan inilah yang paling cocok untuk meningkatkan produktifitas ibu-ibu anggota PKK Desa Siwuluh yang berstatus sebagai ibu rumah tangga. Berdasarkan kerangka berpikir di atas, maka dapat kami simpulkan bahwa hipotesisnya adalah:“Produktivitas ibu-ibu PKK Desa Siwuluh dapat ditingkatkan dengan adanya Pelatihan Membuat Usaha Makanan”